Archive for June 22nd, 2010

Mengapa Yahudi bisa menguasai dunia?

Dr Stephen Carr Leon menulis dari pengamatan langsung. Dirinya melihat ada beberapa hal yang menarik yang dapat ditarik sebagai bahan untuk tesis Phd-nya, yaitu, “Mengapa Yahudi Pintar?”Sekadar anda ketahui, untuk mengumpulkan data-data seakurat mungkin tesis ini memakan waktu hampir 8 tahun.

Marilah kita mulai :

1. Persiapan awal melahirkan

Di Israel, setelah mengetahui sang ibu sedang mengandung, sang ibu akan sering :
* menyanyi
* bermain piano
* membeli buku matematika dan menyelesaikan soal bersama suami Stephen sungguh heran karena temannya yang mengandung sering membawa buku matematika dan bertanya beberapa soal yang tak dapat diselesaikan. Kebetulan Stephen suka matematika.

Stephen bertanya, “Apakah ini untuk anak kamu?” Dia menjawab, “Iya, ini untuk anak saya yang masih di kandungan, saya sedang melatih otaknya, semoga ia menjadi jenius.” Hal ini membuat Stephen tertarik untuk mengikut terus perkembangannya. Tanpa merasa jenuh si calon ibu mengerjakan latihan matematika sampai genap melahirkan.

2. Pola Makan

Hal lain yang Stephen perhatikan adalah cara makan. Sejak awal mengandung dia suka sekali memakan kacang badam dan korma bersama susu. Tengah hari makanan utamanya roti dan ikan tanpa kepala bersama salad yang dicampur dengan badam dan berbagai jenis kacang-kacangan. Menurut wanita Yahudi itu, daging ikan sungguh baik untuk perkembangan otak dan kepala ikan mengandungi kimia yang tidak baik yang dapat merusak perkembangan dan penumbuhan otak anak didalam kandungan.

Ini adalah adat orang orang Yahudi ketika mengandung. menjadi semacam kewajiban untuk ibu yang sedang mengandung mengonsumsi pil minyak ikan. Ketika diundang untuk makan malam bersama orang orang Yahudi. Begitu Stephen menceritakan, “Perhatian utama saya adalah menu mereka. Pada setiap undangan yang sama saya perhatikan, mereka gemar sekali memakan ikan (hanya isi atau fillet),” ungkapnya.

Biasanya kalau sudah ada ikan, tidak ada daging. Ikan dan daging tidak ada bersama di satu meja. Menurut keluarga Yahudi, campuran daging dan ikan tak bagus dimakan bersama. Salad dan kacang, harus, terutama kacang badam.Uniknya, mereka akan makan buah buahan dahulu sebelum hidangan utama. Jangan terperanjat jika Anda diundang ke rumah Yahudi Anda akan dihidangkan buah buahan dahulu.

Menurut mereka, dengan memakan hidangan kabohidrat (nasi atau roti) dahulu kemudian buah buahan, ini akan menyebabkan kita merasa ngantuk. Akibatnya lemah dan payah untuk memahami pelajaran di sekolah. Perhatian Stephen selanjutnya adalah mengunjungi anak-anak Yahudi.

Mereka sangat memperhatikan makanan, makanan awal adalah buah buahan bersama kacang badam, diikuti dengan menelan pil minyak ikan (code oil lever). Dalam pengamatan Stephen, anak-anak Yahudi sungguh cerdas. Rata rata mereka memahami tiga bahasa, Hebrew, Arab dan Inggris

3. Merokok adalah Tabu Di Israel

Merokok adalah tabu, apabila Anda diundang makan dirumah Yahudi, jangan sekali kali merokok. Tanpa sungkan mereka akan menyuruh Anda keluar dari rumah mereka. Menyuruh Anda merokok di luar rumah mereka. Menurut ilmuwan di Universitas Israel, penelitian menunjukkan nikotin dapat merusakkan sel utama pada otak manusia dan akan melekat pada gen. Artinya, keturunan perokok bakal membawa generasi yang cacat otak ( bodoh). Suatu penemuan yang dari saintis gen dan DNA Israel.

4. Pendidikan- Musik

Sejak kecil mereka telah dilatih bermain piano dan biola. Ini adalah suatu kewajiban. Menurut mereka bermain musik dan memahami not dapat meningkatkan IQ. Sudah tentu bakal menjadikan anak pintar. Ini menurut saintis Yahudi, hentakan musik dapat merangsang otak. Tak heran banyak pakar musik dari kaum Yahudi.

– Matematika

Di kelas 1 hingga 6, anak anak Yahudi akan diajar matematika berbasis perniagaan. Pelajaran IPA sangat diutamakan.
Di dalam pengamatan Stephen, “Perbandingan dengan anak anak di California, dalam tingkat IQ-nya bisa saya katakan 6 tahun kebelakang!!!” katanya. Segala pelajaran akan dengan mudah di tangkap oleh anak Yahudi.

– Olahraga

Selain dari pelajaran tadi olahraga juga menjadi kewajiban bagi mereka. Olahraga yang diutamakan adalah memanah, menembak dan berlari. Menurut teman Yahudi-nya Stephen, memanah dan menembak dapat melatih otak fokus. Disamping itu menembak bagian dari persiapan untuk membela negara.

– Sains

Selanjutnya perhatian Stephen ke sekolah tinggi (menengah). Di sini murid-murid digojlok dengan pelajaran sains. Mereka didorong untuk menciptakan produk. Meski proyek mereka kadangkala kelihatannya lucu dan memboroskan, tetap diteliti dengan serius. Apa lagi kalau yang diteliti itu berupa senjata, medis dan teknik. Ide itu akan dibawa ke jenjang lebih tinggi.

– Ekonomi

Satu lagi yg di beri keutamaan ialah fakultas ekonomi. Saya sungguh terperanjat melihat mereka begitu agresif dan seriusnya mereka belajar ekonomi. Diakhir tahun diuniversitas, mahasiswa diharuskan mengerjakan proyek. Mereka harus memperaktekkanya. Anda hanya akan lulus jika team Anda (10 pelajar setiap kumpulan) dapat keuntungan sebanyak $US 1 juta! Anda terperanjat? Itulah kenyataannya.

Kesimpulan, pada teori Stephen adalah, melahirkan anak dan keturunan yang cerdas adalah keharusan. Tentunya bukan perkara yang bisa diselesaikan semalaman. Perlu proses, melewati beberapa generasi mungkin?

Posted by Black Jecks

Keberuntungan

Pengen banget ya kita jadi orang yang selalu beruntung, dalam situasi apapun kita selalu ingin yang namanya keberuntungan berpihak pada kita..dulu banget gw selalu berfikir gw orang yang tidak pernah beruntung, selalu mendapatkan hal yang membuat gw sendiri sakit dan menangis “Truly i hate this situation.”

Gw pernah baca salah satu artikel di majalah *lupa*, writter nya bilang “keberuntungan itu dilihat dimana kita memposisikan diri kita”, agak lama juga gw ngertiin filsafat kaya gini, tapi akhirnya gw ngerti *Allhamdulilah gw ga bego2 amat*

Contohnya gini, pada saat kita merasa kurang beruntung karena kita selalu kalah tander dibanding orang lain, kita posisikan diri kita pada orang lain yang setiap harinya harus membeli koran cuma untuk info lowongan pekerjaan. “Satu poin kita lebih beruntung dibanding orang lain arena ita telah memiliki pekerjaan”.

Kalau kita merasa kurang beruntung karena pasangan kita jelek *maap :D* , kita posisikan diri kepada orang lain yang mungkin giat ngikutin biro jodoh saking pengenya dapet pasangan *di tv dah banyak deh yang model beginian*.
“Dua poin kita beruntung karena memiliki pasangan, masalah kurang bagus dipoles aja dikit :D”.

Satu lagi dari ratusan alasan kita harus selalu merasa beruntung, ketika kita merasa paling malang sedunia karena di dompet cuman tinggal selembar duit sepuluh ribuan, coba bayangin di luar sana yang hidupnya cuma dari belas kasihan orang2, mengetuk tiap kaca mobil demi mengharapkan uang ratusan perak. “Tiga poin kita jauh lebih beruntung daripada orang lain karena biasanya kita bad mood ga punya duit bukan buat menyambung nyawa, tapi lebih karena pengen sesuatu hal yang ga begitu penting”.

The point is, kita harus bisa memposisikan diri kita dengan orang lain yang jauh lebih kurang beruntung daripada kita, selain kita jadi lebih bersyukur atas kehidupan kita, kita juga jadi lebih memiliki empati untuk orang2 yang jauh lebih membutuhkan dan sangat kurang beruntung.

Keberuntungan itu bukan dicari tetapi diciptakan.

Studi otak: wanita emosional

Pria dan wanita merespon secara berbeda terhadap bahaya, demikian studi yang dilakukan terhadap otak. Satu tim dari Krakow di Polandia menggunakan “functional magnetic resonance imaging” (fMRI) untuk mengakses kegiatan otak saat 40 relawan diperlihatkan berbagai gambar.

Kaum pria menunjukkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan tindakan yang harus mereka ambil untuk menghindar atau menghadapi bahaya.

Namun studi yang dipaparkan kepada Masyarakat Radiologi di Amerika Utara menemukan aktivitas di pusat-pusat emosional di otak perempuan.

Para peneliti dari Rumah Sakit Universitas Jagiellonian melakukan pemindaian terhadap 21 pria dan 19 wanita. Monitor otak Kegiatan otak dimonitor sementara relawan itu diperlihatkan citra objek dan gambar dari kehidupan masyarakat biasa yang dirancang untuk menimbulkan tingkat emosional yang berbeda.

Citra itu diperlihatkan dua kali.
Pertama kalinya hanya gambar-gambar negatif yang diperlihatkan. Untuk kedua kalinya, hanya diperlihatkan gambar-gambar positif. Ketika melihat gambar-gambar negatif, kaum wanita memperlihatkan kegiatan yang lebih kuat dan intenstif di thalamus kiri.

Daerah ini yang merelay sensor informasi ke pusat-pusat otak untuk rasa sakit dan kenikmatan. Kaum pria menunjukkan kegiatan di kawasan otak yang disebut insula kiri yang memainkan peran penting dalam mengendalikan fungsi syaraf tidak sadar seperti pernafasan, detak jantung dan pencernaan.

Pada intinya, kegiatan di kawasan ini utamanya untuk tubuh akan lari dari bahaya atau menghadapinya.

Worldnews.com

Sembilan Keturunan Setan

Umar bin Khaththab berkata :
Anak keturunan setan itu ada sembilan, yaitu Zalitun, Watsin, Laqus, A’wan, Haffaf, Murrah, Masuth, Dasim, dan Walhan.”

Setan Zalitun
bertugas menggoda penghuni pasar dalam transaksi jual-beli dengan menyuruh untuk melakukan kedustaan, penipuan, memuji-muji barang dagangan, mencurangi timbangan/takaran, dan bersumpah palsu.

Setan Watsin
bertugas menggoda manusia yang tertimpa musibah agar tidak bersabar sehingga yang bersangkutan berteriak histeris, menampar-nampar pipi, dan sebagainya.

Setan A’wan
bertugas menggoda para penguasa untuk bertindak zhalim.

Setan Haffaf
bertugas membujuk dan menggoda orang untuk meneguk minuman keras.

Setan Murrah
bertugas menggoda orang agar asyik bermain seruling atau alat musik berikut nyanyiannya.

Setan Laqus
bertugas menggoda orang untuk menyembah api.

Setan Masuth
bertugas menyebarkan berita-berita dusta lewat lisan manusia sehingga tidak bisa diketemukan berita yang sebenarnya.

Setan Dassim
berada di dalam rumah. Jika seseorang tidak mengucapkan salam sewaktu memasuki rumahnya dan tidak pernah menyebut nama Allah di dalamnya, maka setan tersebut akan menimbulkan perselisihan sehingga akan terjadi thalaq, khulu’, dan pemukulan. Singkatnya, setan ini selalu ingin menciptakan ketidakharmonisan dalam rumah tangga.

Setan Walhan
bertugas menggoda dan mengacaukan manusia dalam berwudhu’, shalat, dan dalam ibadah-ibadah yang lain.

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa :

a. Setan yang bertugas menggoda penghuni pasar, namanya bukan Zalitun, melainkan Zallanbur. Akan tetapi, dalam kamus disebutkan bahwa tugas setan Zallanbur adalah menceraikan antara seorang suami dan istrinya.

b. Setan yang bertugas menggoda manusia yang tertimpa musibah agar tidak bersabar namanya bukan Watsin, melainkan Tabr.

c. Setan Laqis adalah nama lain dari setan Laqus. Ada yang mengatakan bahwa Setan Laqis dan Walhan bertugas menggoda manusia ketika bersuci dan mengerjakan shalat.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa tugas ketiga setan (Laqus, Laqis, Walhan) ini digantikan oleh ketiga setan berikut, yaitu A’war, yang bertugas menggoda manusia agar melakukan zina; Wasnan, yang bertugas menggoda sewaktu tidur agar mereka berat untuk bangun dan malas untuk mengerjakan shalat atau amal shahih lainnya; dan Abyadh yang bertugas menggoda para nabi dan para wali Allah.

d. Setan yang bertugas menggoda manusia supaya menyebarkan berita dusta namanya bukan Masuth, melainkan Mathun.

e. Setan Dasim adalah setang yang bertugas menggoda manusia sewaktu makan. Dia akan ikut makan jika seseorang tidak menyebut nama Allah. Juga akan ikut masuk rumah jika sewaktu memasuki rumahnya, seseorang tidak menyebut nama Allah. Setan ini juga akan menyelinap dalam lipatan atau saku pakaiannya jika sewaktu memakainya seseorang tidak menyebut nama Allah.

f. Setan Walhan hanya bertugas menggoda manusia sewaktu bersuci agar menghambur-hamburkan air. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat dari ‘Ali r.a., dari Nabi SAW, beliau bersabda : ”Sewaktu seseorang berwidhu’, ada setan yang selalu menggodanya. Setan itu bernama Walhan. Karenanya, selalu berhati-hatilah kalian atau waspadalah kalian terhadapnya.”

g. Setan Khanzab adalah setan yang selalu menggoda manusia saat mengerjakan shalat. Diambil dari Nashaihul Ibad (Imam Nawawi Al-Bantani)

All Source

Phytagoras

Phytagoras lahir pada tahun 570 SM, di pulau Samos, di daerah Ionia. Pythagoras (582 SM – 496 SM, bahasa Yunani: Πυθαγόρας) adalah seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya.

Dikenal sebagai “Bapak Bilangan”, dia memberikan sumbangan yang penting terhadap filsafat dan ajaran keagamaan pada akhir abad ke-6 SM. Kehidupan dan ajarannya tidak begitu jelas akibat banyaknya legenda dan kisah-kisah buatan mengenai dirinya. Dalam tradisi Yunani, diceritakan bahwa ia banyak melakukan perjalanan, diantaranya ke Mesir.

Perjalanan Phytagoras ke Mesir merupakan salah satu bentuk usahanya untuk berguru, menimba ilmu, pada imam-imam di Mesir. Konon, karena kecerdasannya yang luar biasa, para imam yang dikunjunginya merasa tidak sanggup untuk menerima Phytagoras sebagai murid. Namun, pada akhirnya ia diterima sebagai murid oleh para imam di Thebe.

Disini ia belajar berbagai macam misteri. Selain itu, Phytagoras juga berguru pada imam-imam Caldei untuk belajar Astronomi, pada para imam Phoenesia untuk belajar Logistik dan Geometri, pada para Magi untuk belajar ritus-ritus mistik, dan dalam perjumpaannya dengan Zarathustra, ia belajar teori perlawanan.

Selepas berkelana untuk mencari ilmu, Phytagoras kembali ke Samos dan meneruskan pencarian filsafatnya serta menjadi guru untuk anak Polycartes, penguasa tiran di Samos. Kira-kira pada tahun 530, karena tidak setuju dengan pemerintahan tyrannos Polycartes, ia berpindah ke kota Kroton di Italia Selatan.

Di kota ini, Phytagoras mendirikan sebuah tarekat beragama yang kemudian dikenal dengan sebutan “Kaum Phytagorean.” Kaum Phytagorean Kaum phytagorean sangat berjasa dalam meneruskan pemikiran-pemikiran Phytagoras. Semboyan mereka yang terkenal adalah “authos epha, ipse dixit” (dia sendiri yang telah mengatakan demikian).

2 Kaum ini diorganisir menurut aturan-aturan hidup bersama, dan setiap orang wajib menaatinya. Mereka menganggap filsafat dan ilmu pengetahuan sebagai jalan hidup, sarana supaya setiap orang menjadi tahir, sehingga luput dari perpindahan jiwa terus-menerus.

Diantara pengikut-pengikut Phytagoras di kemudian hari berkembang dua aliran. Yang pertama disebut akusmatikoi (akusma = apa yang telah didengar; peraturan): mereka mengindahkan penyucian dengan menaati semua peraturan secara seksama. Yang kedua disebut mathematikoi (mathesis = ilmu pengetahuan): mereka mengutamakan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pasti.

•Pemikiran Phytagoras

Phytagoras percaya bahwa angka bukan unsur seperti udara dan air yang banyak dipercaya sebagai unsur semua benda. Angka bukan anasir alam. Pada dasarnya kaum Phytagorean menganggap bahwa pandangan Anaximandros tentang to Apeiron dekat juga dengan pandangan Phytagoras. To Apeiron melepaskan unsur-unsur berlawanan agar terjadi keseimbangan atau keadilan (dikhe).

Pandangan Phytagoras mengungkapkan bahwa harmoni terjadi berkat angka. Bila segala hal adalah angka, maka hal ini tidak saja berarti bahwa segalanya bisa dihitung, dinilai dan diukur dengan angka dalam hubungan yang proporsional dan teratur, melainkan berkat angka-angka itu segala sesuatu menjadi harmonis, seimbang. Dengan kata lain tata tertib terjadi melalui angka-angka.

Salah satu peninggalan Phytagoras yang terkenal adalah teorema Pythagoras, yang menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya). Walaupun fakta di dalam teorema ini telah banyak diketahui sebelum lahirnya Pythagoras, namun teorema ini dikreditkan kepada Pythagoras karena ia lah yang pertama membuktikan pengamatan ini secara matematis.

[1] Pythagoras dan murid-muridnya percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini berhubungan dengan matematika, dan merasa bahwa segalanya dapat diprediksikan dan diukur dalam siklus beritme. Ia percaya keindahan matematika disebabkan segala fenomena alam dapat dinyatakan dalam bilangan-bilangan atau perbandingan bilangan. Ketika muridnya Hippasus menemukan bahwa \sqrt

[2], hipotenusa dari segitiga siku-siku sama kaki dengan sisi siku-siku masing-masing 1, adalah bilangan irasional, Pythagoras memutuskan untuk membunuhnya karena tidak dapat membantah bukti yang diajukan Hippasus

Sumber : id.wikipedia.org

Future??

Cukup gila, kalo yang lebih parah nya sangat gila!!!!, udah ngetik panjang lebar ampe 10m “berlebihan” pas klik publish nge hang dong yah hp nya *nangis*, ya udah dimulai lagi deh “sambil ngelus-ngelus dada”.

“Am worried about my future dear”, sering banget denger curhatan kaya begini, ironis nya yang cerita ini malah kelihatan jauh jauh jauh lebih baik kehidupanya dibanding gw, dibidang pekerjaan, pernikahan, atau apapun itu, yah memang manusia hanya bisa mengeluh, “sorry friends :D”.

Gw sendiri mungkin kalo lebih banyak di blow up lagi cerita hidup gw bakalan kaya artis *ngarep*, gimana ngga di umur gw yang udah makin gemuk ini gw masi dituntut kebenaran kalo gw BELUM MENIKAH, hehe ga penting, poin nya ya semua punya porsi masing2 tentang arti dari masa depan itu.

Kayanya si ada satu titik kejenuhan dimana mereka selalu melakukan rutinitas yang sama setiap harinya, sehingga mereka lupa tujuan awal nya, atau yang lebih parahnya mereka mulai meragukan jalan hidupnya setelah mereka berada di tengah2 jalan, terus dengan kebingungan mereka itu terlintas di fikiran mereka perkataan “bener gini yang gw pengen??”.

Saran nya sih kita harus sabar dalam setiap proses nya tanpa melupakan tujuan awal kita, jadi inget My Mr.Right bilang gini “bakalan aku nikmati setiap prosesnya dalam hubungan kita”, oke aku out of topic, skip this, cuma ada benernya juga ko *agak memaksa*.

Sabar dan ikhlas, berdoa juga sangat penting dalam hal ini, kita harus melakukan yang terbaik untuk semua usaha kita, kalaupun belum tercapai semua tujuan hidup maka bersabarlah dan nikmatilah prosesnya, serta meng-ikhlas-kan hasil akhirnya, karna sekuat apapun usaha kita kalau belum waktunya Allah memberikan yang terbaik, berarti memang belum waktunya, bersabarlah *so simple *.

Setidaknya kita melakukan yang terbaik, dan yakin gak bakalan nyesel untuk usaha kita, tidak ada usaha yang sia-sia, yang paling penting jangan pernah lupakan tujuan awal kita “harga mati”, karena tujuan kita walaupun tercipta dari alam bawah sadar kita, itu akan membimbing kita untuk menciptakan realitas. So no need to worry about you’re future again.

“Keep smile for you’re future, and make them bright just like you’re shinning smile on you’re face”

10 Misteri Otak Manusia yang Belum Terpecahkan

Jangankan alam sekitar, diri sendiri kita pun masih banyak menyimpan tanda tanya. Otak manusia bisa disamakan dengan prosesor komputer. Bedanya, kinerja prosesor dapat diuraikan secara logika, sedangkan otak kita tidak.

Ada sepuluh misteri yang masih menyelubungi seluk beluk otak manusia. Ilmuwan masih terus mencoba mencari penjelasan ilmiahnya. Tapi tetap saja misteri itu merupakan rahasia kehidupan ciptaan Tuhan yang luar biasa. Berikut 10 misteri seputar otak manusia yang kita alami sehari-hari, tapi tetap kita tak mampu mencari penyebabnya.

1. Kesadaran

Saat bangun di pagi hari, kita tersadar dari tidur. Menikmati sinar matahari dari celah jendela, udara pagi nan sejuk, dan seterusnya. Kita menyebutnya sebagai kesadaran. Bidang ini memicu topik majemuk yang dibahas ilmuwan sejak zaman dulu. Pakar neurologi mutakhir menjabarkan kesadaran sebagai suatu topik riset realistis.

2. Hidup Membeku

Hidup abadi memang hanya ada dalam khayalan manusia. Namun ilmuwan telah menemukan cryonic, temuan yang mampu membuat manusia memiliki dua kehidupan. Salah satu pusat cryonic adalah Alcor Life Extension Foundation, di Arizona, yang menyimpan tubuh mahluk hidup dalam tabung berisi nitrogen cair dengan suhu minud 320 fahrenheit.

Idenya adalah manusia yang sudah meninggal akibat penyakit akan dicairkan dan dihidupkan kembali di masa mendatang saat penyakit itu sudah bisa disembuhkan. jenazah Ted Williams, pemain baseball kenamaan disimpan di sini. Karena teknologinya belum ditemukan, maka penghidupan kembali belum dilakukan. namun tubuhnya sudah “dilelehkan” dengan suhu yang tepat sehingga sel-selnya membeku dan memecah.

3. Misteri Kematian

Bagaimana manusia menjadi tua? manusia terlahir dengan mekanisme tubuh yang mampu bertahan dari penyakit. Itu sebabnya luka bisa sembuh sendiri wanta diobati. Tapi seiring dengan bertambah usia, mekanisme itu menurun. kenapa bisa begitu? Ada dua teori penjelasannya. Pertama, penuaan adalah bagian dari genetika manusia. Kedia, penuaan adalah hasil dari sel-sel tubuh yang rusak.

4. Alam VS Asuhan

Perdebatan tentang pikiran dan kepribadian manusia masih berkutat antara dua hal di atas. Kepribadian dan pemikiran manusia dikatakan dikontrol oleh gen atau lingkungan?Atau bisa jadi keduanya? Masih belum ada kesepakatan di kalangan ilmuwan tentang hal ini.

5. Pemicu Otak

Tertawa adalah hal yang paling sedikit dipahami dari perilaku manusia. Para ilmuwan menemukan bahwa selama tertawa, ada tiga bagian otak yang terlibat. Pertama, bagian yang berpikir sebelum kita memahami suatu gurauan. Kedua, area yang bergerak untuk memberitahu otot kita untuk melakukan sesuatu. Lalu sebuah area emosional yang menggugah perasaan geli.

John Morreall, ilmuwan peneliti humor dari College of William and Mary, menemukan bahwa tertawa adalah respon bermain atas kisah yang tidak sesuai dengan harapan. Tertawa juga mampu menular pada orang lain.

6. Daya Ingat

Beberapa pengalaman sulit dilupakan, sebaliknya kita justru kerap melupakan hal-hal penting. Bagaimana itu bisa terjadi? menggunakan teknik pencitraan otak, ilmuwan menemukan adanya mekanisme yang bertanggungjawab pada penciptaan dan penyimpanan memori. mereka menemukan hippocampus dan materi abu-abu otak yang berperan sebagai kotak memori. Tapi mengapa ada memori yang mudah diingat dan dipukana, masih tetap jadi misteri.

7. jam Biologis

Otak juga memiliki nukleus suprachiasmatic nucleus alias jam biologi. Bagian ini memprogram tubuh untuk mengikuti irama waktu 24 jam. Jam biologi juga menyesuaikan suhu tubuh, siklus bangun tidur, juga produksi hormon melatonin. Perdebatan terakhir adalah apakah suplemen melatonin mampu mencegah jet lag?

8. Perasaan Dihantui

Diperkirakan 80 persen dari sensasi pengalaman termasuk gatal, tertekan, nyaman dan rasa sakit datang dari bagian tubuh yang hilang. Ada orang yang mengalami adanya organ tubuh mereka yang tidka nampak tapi bisa merasakan. Salah satu penjelasan adalah adanya area syaraf di salah satu organ tubuh yang menciptakan konseksi baru pada saraf tulang belakang dan berlanjut mengirimkan sinyal ke otak.

9. Tidur

Mengapa manusia butuh tidur? Ilmuwan paham bahwa semua mamalia butuh tidur cukup. Tidak cukup tidur berkepanjangan akan menimbulkan halunisasi bahkan kematian. Ada dua tingkatan dalam tidur, yakni tidur yang non-rapid eye movement (NREM), terjadi selama otak memperlihatkan rendahnya aktivitas metabolik. Lalu tidur tingkat rapid eye movement (REM), saat otak masih cukup aktif.

10. Mimpi

Selain tidur, mimpi juga menjadi misteri. Kemungkinannya adalah, bermimpi merupakan latihan otak yang menstimulasi trafik synap antar sel-sel otak. Teori lain mengatakan manusia bermimpi mengenai tugas dan emosinya yang tak sempat diperhatikan selama mereka terjaga di siang hari.

Diterjemahkan secara bebas dari LiveScience.com

Kredit foto: http://www.ucdmc.ucdavis.edu

Sumber : netsains

Inggris sesali peristiwa “minggu berdarah”

VIVAnews – Pemerintah Britania Raya (Inggris) akhirnya mengakui bahwa penembakan tentara atas warga sipil di Irlandia Utara pada 38 tahun yang silam merupakan peristiwa yang tidak dibenarkan.
Maka, Atas nama pemerintah Inggris, Perdana Menteri (PM) David Cameron meminta maaf kepada keluarga para korban. Permintaan maaf Cameron itu bersamaan dengan pengumuman hasil penyelidikan independen, Selasa 15 Juni 2010, yang telah berlangsung selama 12 tahun.

Peristiwa pembantaian di Hari Minggu itu dikenal dengan insiden “Bloody Sunday” (Minggu Berdarah). “Atas nama pemerintah dan negara ini, saya minta maaf sebesar-besarnya,” kata Cameron, seperti yang dikutip laman stasiun televisi Sky News.  “Bloody Sunday” terjadi pada 30 Januari 1972 saat militer Inggris menembaki demonstran di kawasan Bogside, Londonderry, Irlandia Utara.

Penembakan itu menewaskan 13 orang dan melukai 13 orang. Semua korban adalah pemeluk Katolik dan mereka tidak bersenjata. Mereka saat itu memprotes kehadiran tentara Inggris dan kekerasan yang telah mereka lakukan.

Saat itu, Inggris memperkuat kehadiran militer di Irlandia Utara karena berkembangnya gerakan separatis untuk memisahkan negara tersebut dari Britania Raya. 

Menurut Cameron, prajurit saat itu bertindak di bawah perintah yang seharusnya tidak diberikan. Laporan investigasi mengungkapkan bahwa 13 orang yang ditembak, dan akhirnya tewas, tidak melakukan perbuatan yang mengancam.

Selain itu, disebutkan pula bahwa militer Inggris merupakan pihak yang lebih dulu menembak, bahkan membunuh para demonstran yang terluka saat mereka mencoba menyelamatkan diri.

“Kesimpulan dari penyelidikan selama 12 tahun mengenai pembunuhan di Londonderry, Irlandia Utara, tersebut adalah kesimpulan yang sangat mengejutkan untuk dibaca,” kata Cameron. Politisi dari Partai Konservatif, yang baru sebulan memerintah Inggris, kemudian meminta maaf atas peristiwa di masa lalu tersebut.

Laporan setebal lima ribu halaman tersebut merupakan hasil investigasi yang menelan biaya US$285 juta. Investigasi mulai digelar pada 1998 atas perintah PM Inggris saat itu, Tony Blair, menyusul desakan dari keluarga korban.

Dokter Ini Mengaku “Membunuh” 18 Pasien

Menyembuhkan pasien dari sakit, sekaligus membuatnya kembali sehat, merupakan tugas seorang dokter. Namun, tabib di Inggris berikut ini justru membuat pasien-pasiennya tewas. Selama berpraktik, dokter bernama Howard Martin itu sudah “membunuh” hampir 20 pasien – termasuk putra kandungnya.

Mendengar pengakuan mengejutkan itu, pihak berwenang Inggris akhir pekan lalu mengatakan akan membawa Martin ke meja hijau untuk diadili. Dokter yang kini berusia 75 tahun itu sebelumnya juga pernah diadili pada 2005 atas tuduhan membunuh tiga pasiennya dengan suntikan pembunuh rasa sakit yang melebihi dosis.

Namun, oleh hakim sidang pengadilan saat itu, Martin dinyatakan tidak bersalah.  Kendati lolos dari hukuman penjara, izin praktik dokter Martin sejak saat itu dicabut. Kini, dia membuat pengakuan dramatis kepada media massa sehingga polisi dan pihak kejaksaan kembali memperkarakan pria sepuh itu.

Pengakuan Martin, yang direkam melalui kamera video, dimuat olah harian Inggris, Daily Telegraph, Sabtu 19 Juni 2010. Dalam pengakuannya, Martin justru merasa tidak menyesal karena dia merasa telah berbuat seperti ajaran suatu agama yang dia anut, yaitu mengakhiri penderitaan pasien-pasiennya yang, menurut pengakuannya, sudah tak tahan dengan sakit yang mereka idap.

“Nurani saya jelas, tidak ada yang saya takutkan,” kata Martin, dalam wawancara yang berlangsung di rumahnya. Martin mengaku terpaksa menghabisi nyawa putranya yang mengidap kanker, Paul, pada Mei 1998.

“Apa lagi yang bisa saya buat bagi dia selain memastikan bahwa dia punya harga diri?” tutur Martin. 

Martin tidak serta-merta mengatakan bahwa dia adalah seorang pembunuh, melainkan hanya mempercepat proses menuju mati bagi putranya dan pasien-pasien penyakit akut lain yang dia rawat.

Namun, Dewan Medis Umum Inggris (GMC) tidak sependapat dengan klaim Martin. Perbuatan Martin itu dinilai “sepenuhnya tidak bisa diterima.” Menurut GMC, dalam sejumlah kasus, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa korban menderita penyakit yang tidak mungkin disembuhkan.    
Hampir semua dari 18 pasien yang disuntik mati oleh Martin hanya punya harapan hidup beberapa hari. Namun, menurut penyelidikan DMC, ada seorang pasien berusia 74 tahun bernama Harry Gittins, yang seharusnya bisa disembuhkan dari kanker kerongkongan. Namun, Martin malah menyuntik Gittins dengan 200 miligram diamorphine sehari sebelum dia tewas.   

Martin lalu berbohong kepada keluarga almarhum dengan mengatakan bahwa kanker yang diderita Gittins telah menyebar dan sukar disembuhkan. Gara-gara kasus Gittins, Martin lalu diadukan ke pengadilan. Saat itu, Martin juga didakwa membunuh dua pasien lain, Frank Moss (59) dan Stanley Weldon (74).

Namun, berdasarkan putusan hakim 2005, Martin divonis bebas. Kini, setelah pengakuan kepada media massa, perbuatan Martin akan kembali diusut. Itu juga yang menjadi harapan bagi putra Gittins. Di Inggris, pengadilan bisa kembali menyidangkan seseorang yang telah divonis atas kasus yang sama.

Ini berkat reformasi hukum Inggris pada 2005, yang menghapuskan asas “double jeopardy” – yaitu prinsip yang mencegah seseorang kembali diadili atas pelanggaran hukum yang sama.  

Dengan demikian, terpidana bisa kembali diadili atas kejahatan yang sama bila ditemukan adanya bukti yang “baru dan meyakinkan.” Martin pun akan merasakan reformasi hukum itu. (Associated Press)

Vivanews

Pria juga butuh waktu sendiri

Anda dan pasangan selalu bersama setiap harinya. Muncul perasaan ketergantungan satu sama lain. Tetapi, ada saatnya, Anda dan pasangan membutuhkan waktu untuk diri sendiri atau ‘me time’.Bagi pria, biasanya sangat sulit untuk mengungkapkan kalau ia membutuhkan ‘me time’. Hal ini karena pria takut menyakiti pasangannya.

Padahal, mereka berhak untuk itu. Sebagai pasangan, Anda juga sebaiknya memberikan ia waktu untuk bersenang-senang sendiri. Selama ia tidak berperilaku negatif, sebenarnya tidak masalah. Ada suatu hal yang mungkin tidak bisa ia bicarakan dengan anda, Ketahui tanda-tanda jika pasangan membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. Tentunya agar dia tidak ‘curi-curi’ waktu dan malah membohongi Anda.

1. Tidak membalas telepon atau sms

SMS atau telepon adalah cara paling mudah untuk mengetahui kegiatan pasangan. Hal ini adalah hal rutin untuk mengetahui kegiatan dan posisi masing-masing. Tetapi, jika ia pulang agak telat dan tidak membalas sms ataupun telepon Anda, mungkin ia ingin menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Jangan dulu berpikiran negatif. Pancing dia dengan mengatakan kalau Anda ingin menghabiskan waktu bersama teman-teman minggu depan, dan dia juga bisa melakukan hal sama. Jika ia langsung menyetujui tandanya, ia memang butuh waktu bersama teman-temannya.

2. Ia memilih untuk berkumpul dengan teman-temannya

Hanya karena ia ingin menghabiskan waktu bersama teman-temannya bukan berarti ia tidak ingin bersama Anda. Daripada sendirian, lebih baik Anda juga menghabiskan waktu bersama teman-teman. Bisa pergi belanja seharian atau ke salon untuk mempercantik diri. Saat pasangan kembali ke rumah, dan melihat Anda berpenampilan sangat cantik, pasti ia akan ingin menghabiskan waktu lebih lama dengan Anda.

3. Ia membatalkan rencana

Sangat menjengkelkan jika tiba-tiba pasangan membatalkan rencana untuk menghabiskan waktu bersama yang sudah dibuat. Mungkin sikap Anda yang terlalu menekannya untuk menyediakan waktu dan membuat rencana berjalan sempurna membuat pasangan malah terbebani. Jika ia membatalkannya begitu saja, ia bisa jadi malah tidak menikmati kebersamaannya dengan Anda.Untuk mengatasinya, berikanlah ia sedikit ruang dan buat ia kangen pada Anda. Jangan menghubunginya selama beberpa hari dan sibukkan diri. Tunggulah sampai ia menghubungi Anda lebih dulu.

Jangan lah kita hanya ingin dimengerti, kadang kita juga membutuhkan waktu untuk sendiri, ada kalanya kita mempunya masalah yang tidak ingin kita “share” dengan orang lain termasuk pasangan kita, intinya saling menghargai waktu kebersamaan dengan kualitas yang baik.

Edited by me