pendaki gunung dan penjelajah Sir Edmund Percival Hillary meninggal pada tahun 2008, hampir lima setengah dekade setelah mencatat sejarah memanjat ke puncak Gunung Everest dan pendakian bersama rekannya ke Tenzing Norgay yang membuatnya mendapat pujian di seluruh dunia.

Awalnya ia menjadi pemelihara lebah dan pendaki gunung amatir dari Selandia Baru, ia terus menjelajahi Himalaya dan Antartika. Tidak hanya membuat prestasi dalam dunia pendakian, melanjutkan karya tindakan kemanusiaan untuk sherpa Nepal selama empat dekade.

Lahir pada 20 Juli 1919 dan dibesarkan di Tuakau Selandia Baru sebuah kota kecil yang terletak sekitar 30 mil (50 kilometer) dari selatan Auckland. Pada usia 16 tahun ia tertarik untuk menjadi pendaki gunung dalam perjalanan ke sekolahnya di Gunung Ruapehu. Ia kuliah di Universitas Auckland dan belajar matematika dan sains. Tahun 1939 pendakian besar yang pertama ketika ia mencapai puncak Mount Olivier di Southern Alps.

Dengan profesi, sebagai peternak lebah bersama kakaknya Rex. Dia bekerja sepanjang musim panas sebagai peternak lebah untuk mengeksplorasi pegunungan di musim dingin. Dia mendaki gunung di Selandia Baru, di Pegunungan Alpen. Pada Himalaya ia naik 11 puncak lebih dari 20.000 kaki. Saat itu, ia siap untuk mendaki Gunung Everest. Gunung Everest Antara 1920 dan 1952, tujuh ekspedisi besar gagal mencapai puncak Gunung Everest, yang 29.028 meter di atas permukaan laut, titik tertinggi di bumi.

Edmund Hillary bergabung dengan ekspedisi untuk melakukan penaklukan di Everest tahun 1953 dipimpin oleh Sir John Hunt. Hillary dan Tenzing Norgay, seorang pendaki dari Nepal, adalah satu-satunya anggota ekspedisi untuk melakukan serangan terakhir. Pada pukul 11.30 pagi tanggal 29 Mei, 1953 Hillary dan Norgay membuat sejarah dengan mencapai puncak.

Setelah sukses mencapai puncak Gunung Everest, Hillary dan Hunt dinobatkan sebagai,” The Ascent of Everest”, (diterbitkan di AS sebagai orang yang melakukan Pembebasan Everest)Tidak ada otobiografi nya hillary Venture, Nothing Win diterbitkan pada tahun 1975 dan 1979, ia menerbitkan Dari Samudra ke Sky, data simpanan dari tahun 1977 melalui ekspedisi di sungai Gangga ke sumbernya di Himalaya.

Warisan Hillary adalah dengan diangkatnya sebagai ksatria Komandan Ordo Kekaisaran Britania pada tahun 1953, anggota Orde Selandia Baru pada tahun 1987 dan Ksatria Ordo Garter pada tahun 1995. Pada tahun 1992 Hillary muncul di Selandia Baru dalam uang lima dolar, jalan-jalan, sekolah dan organisasi di seluruh Selandia Baru dan internasional yang dinamai atas namanya untuk menghormatinya.

Bentu amal kesukaan Sir Edmund Hillary adalah outdoor pursuits di Pusat Selandia Baru yang didukung sebagai Pelindung selama 35 tahun. Organisasi ini memperkenalkan Selandia Baru keluar negaranya mirip dengan pengalaman pertama di Gunung Ruapehu.

Pada tahun 1962 ia mulai mulai bekerja dengan sherpa di Nepal yang telah sering membantunya sebagai utang budi. Dia mendermakan uangnya untuk Himalaya Trust, dan membantu menginstal jembatan dan pipa. Hampir 30 sekolah, 2 rumah sakit, 12 klinik medis dan 2 klinik gunung dibangun. Ada biara dipulihkan dan satu juta bibit ditanam di dalam dan sekitar kota-kota kawasan Solu Khumbu-desa miskin di Nepal. Sementara di usia 70 tahun nya, Hillary akan menghabiskan 5 bulan lagi dari Selandia Baru per tahun untuk mengumpulkan uang dengan memberikan ceramah dan mengunjungi proyek-proyek di Nepal.